Jika anda sedang berkunjung ke Medan, dan bingung mencari tempat berbelanja oleh-oleh khas Medan, tempat yang satu ini dapat dijadikan referensi bagi anda yang sedang berwisata. Pajak Central atau pusat pasar di Medan, merupakan tempat dimana dijual aneka macam produk, mulai makanan, pakaian, sayuran, buah-buahan, pernak-pernik khas Medan, seperti kalung, cincin, dan lain-lain. Disinilah tempat anda berburu oleh-oleh, kenapa? Karena kualitas barangnya lumayan bagus, dan harganya bisa ditawar pastinya. Pasar ini terletak di Jl. MT. Haryono, sekitar 3 km dari pusat kota. Pasar ini berdiri tahun 1932, wow….sudah tua ya…

Para pedagang disini tidak hanya berasal dari Medan saja, namun dari berbagai daerah di luar Medan. Pasar ini buka dari pagi hingga sore hari. Seperti Pasar Petisah, pasar ini tempatnya juga bersih dan tertata rapi, jauh dari kesan kotor. Namun pada tahun 1971 pasar ini hangus terbakar, baru pada pertengahan tahun 1990, pasar ini kembali ditata hingga sekarang. Pasar ini dibangun di belakang Medan Mall, lokasi yang sangat strategis. Bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan dari pasar ke mal, tidak perlu jauh-jauh menggunakan angkot, cukup dengan berjalan kaki saja.

Pasar ini terkenal dengan los-los ikan asin, macam-macam ikan asin dijual disini, ada teri, ikan pari, ikan asin potong, dan lain-lain. Disamping ikan, ada juga Kain Ulos, kain yang terkenal untuk upacara adat dari Suku Batak. Kain Ulos, biasa digunakan untuk upacara adat, maupun tarian adat, seperti Tari Tor-Tor. Nah, biasanya kain ini yang banyak dicari oleh turis asing, sebagai oleh-oleh khas mereka. Harga kain ini bervariasi, tergantung bahan dan motifnya. Para penjual biasanya menawarkan harga yang tinggi, di sinilah kemampuan menawar kita, kita praktekkan. Jangan sungkan untuk menawar setengah harga, karena biasanya barang akan terjual dengan menaikkan harga dari setengah harga. Pernak-pernik lainnya seperti patung khas Suku Batak, juga ada di sini. Tak ketinggalan, pakaian khas Batak juga ada di sini.

Anda lelah berjalan-jalan keliling pasar? Atau sudah mulai lapar? Tenang, di pasar ini juga menyediakan berbagai macam kuliner. Rata-rata kuliner disini harganya murah, namun porsinya juga cukup sedikit. Aneka macam kuliner dapat anda temui di tengah-tengah pasar ini, mulai dari Sate Padang, Opor Ayam, Lontong, Nasi Sayur, dan lain sebagainya. Tak kalah dari makanannya, minumnya ada es kelapa muda, es jeruk, dan es teh. Hmmm…. Jadi, tunggu apa lagi, segera mampir ke tempat ini untuk belanja oleh-oleh khas Medan dengan harga murah!

Cara menuju lokasi : dari Lapangan Merdeka naik betor, turun di Mall Medan. Tarifnya sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.

Penginapan yang tersedia di sekitar lokasi : Hotel Citi International Sunyatsen, Wisma Sederhana Budget Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • oleh-oleh khas medan
  • pajak sentral medan
  • pasar central di medan
  • tempat jual pernak pernik khas medan di medan

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,