Satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para pecinta fotografi adalah Kebun Teh Sidamanik. Anda bisa menemukan kebun ini dalam perjalanan dari Parapat menuju Pulau Samosir. Ada tiga perkebunan teh di kawasan Sidamanik ini, yaitu Kebun Teh Toba Sari, Sidamanik, dan Bah Butong. Secara administratif, tiga perkebunan teh tersebut. Namun, secara administratif, tiga perkebunan tersebut masuk ke dalam dua kecamatan yang berbeda, yaitu Kecamatan Sidamanik dan Kecamatan Pematang Sidamanik, tepatnya di Kabupaten Simalungun.

Kebun Teh Sidamanik ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV. Konon, perkebunan teh di Sidamanik ini merupakan yang terbesar di Pulau Sumatera dan sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Pada zaman dahulu, banyak orang Jawa dikirim untuk menjadi pekerja di perkebunan teh di tempat ini, dan sampai sekarang pun masih demikian. Perkebunan teh ini memiliki luas sekitar 8.373 hektar dan merupakan kebun teh hitam terbesar kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Perkebunan teh ini merupakan salah satu lokasi favorit para fotografer. Ketika berada di kawasan perkebunan teh ini, aroma khas daun teh begitu kental menyapa selamat datang. Sejuk dan segarnya udara di tempat ini menambah rasa kagum yang mendalam. Mata Anda akan dimanjakan oleh panorama kebun teh yang hijau dan membentang luas sejauh mata memandang. Tak perlu menjadi fotografer andal untuk menangkap keindahan tempat ini, karena alam sudah menyediakannya bagi Anda.

Tidak perlu juga berbicara soal komposisi fotografi yang paling pas untuk diambil. Anda cukup mengabadikan apa yang telah dihadirkan di tempat itu karena semua indah Andanya, tidak perlu ragu. Hamparan kebun teh yang luas dengan alur-alur jalan setapak yang berada di antara barisan-barisan tanaman teh membentuk pola yang cantik. Ketika hari cerah, langit biru dan awan putih bagai lukisan menjadi latar belakang hijaunya dedaunan teh di dalam barisan. Anda siap untuk berpose atau pun mengabadikan keindahan perkebunan teh Sidamanik ini.

Tak perlu ragu untuk singgah dan berburu foto apik. Tidak ada pungutan biaya sedikit pun. Hanya saja, kesadaran para pengunjung sungguh harus diperhatikan untuk menjaga perkebunan teh dan lingkungan sekitar tetap bersih dan tidak merusak tanaman yang ada di tempat ini.

Untuk mencapai tempat ini sangatlah mudah. Jika Anda bertolak dari Parapat, Anda akan mencapai area perkebunan teh ini dalam waktu kurang dari 1 jam berkendara. Disarankan, jika Anda mau singgah ke perkebunan teh Sidamanik ini di tengah perjalanan menuju Danau Toba, Anda menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi atau sewaan supaya bisa memuaskan diri untuk menikmati kesejukan dan keindahan pemandangan di tempat ini.

Destinasi wisata yang terkait dengan Kebun Teh Sidamanik yang juga menyimpan keindahan bagi para pecinta fotografi adalah Pulau Siba dan Bukit Simarjarunjung. Untuk tempat menginap, Anda bisa mencari hotel yang terdapat di Parapat. Sedangkan untuk di wilayah Medan, beberapa hotel yang dapat Anda kunjungi antara lain Grand Aston City Hall Hotel dan My Dream Hotel.

Peta lokasi Kebun Teh Sidamanik

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kebun teh sidamanik
  • sidAmanik
  • kebun teh medan

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,